117 Pemagang LLulusan SMA-SMK Siap Diberangkatkan ke Jepang

0 komentar
Direktur Jenderal Binalattas Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, Masri Hasiar, mengatakan saat ini ada 117 orang pekerja asal Indonesia yang siap diberangkatkan ke Jepang mengikuti program pemagangan di negara tersebut.

“Menurut rencana, 117 orang calon pemagang akan diberangkatkan ke Jepang pada tanggal 10 Februari 2010 nanti,” ujar Masri saat ditemui Kompas.com di Kantor Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta, Senin (1/2/2010).

Para calon pemagang itu terdiri dari pemuda lulusan SLTA (SMU dan SMK) yang telah mengikuti pelatihan pembekalan bahasa dan budaya Jepang yang diadakan oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Luar Negeri (BBPLKLN) Cevest Bekasi. Mereka awalnya adalah para pemuda yang sulit mendapatkan pekerjaan karena memiliki gap kompetensi dalam persaingan di dunia kerja. Para pemuda itu kemudian diberdayakan oleh BBPLKLN Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mengikuti program pelatihan dan pemagangan ke Jepang.

Saat ini, peserta yang mengikuti pelatihan pembekalan bahasa dan budaya Jepang di BBPLKLN Cevest untuk persiapan pemberangkatan ke Jepang sebenarnya berjumlah 301 orang, yang direkrut dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, baru 117 orang yang siap untuk diberangkatkan ke Jepang pada 10 Februari nanti.

Selain ke Jepang, pada tahun-tahun mendatang Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi berencana merintis dan mengupayakan program pemagangan ke beberapa negara lainnya.

“Pada tahun yang akan datang akan dirintis dan diupayakan sehingga tidak hanya ke Jepang tetapi kalau bisa ke negara lain. Akan tetapi, karena situasi ekonomi global yang belum kondusif, kami masih menemui kendala,” ujar Dirjen Binalattas.

sumber : kaskus.us
If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

No Response to "117 Pemagang LLulusan SMA-SMK Siap Diberangkatkan ke Jepang"

Poskan Komentar