Gara-Gara Facebook, Buron Ditangkap Polisi

0 komentar

VIVAnews - Entah karena ceroboh, lugu atau nekad, seorang buronan polisi Amerika Serikat ini ditangkap setelah menyampaikan pesan dan jati dirinya di media jejaring sosial, Facebook dan MySpace.

Itulah yang terjadi pada Christopher Keith Crego, 39 tahun. Biasanya, seorang buron justru menghindar dan bersembunyi dari kejaran polisi, bahkan jika perlu berganti wajah.

Tapi, lain halnya dengan Crego. Dia malah dengan sesuka hati memasang status hingga berbagai pose fotonya di Facebook dan MySpace. Dia memajang foto saat memancing ikan, bersama kuda hingga sedang berburu.

Dalam akun Facebooknya, selain bercanda dan komunikasi dengan temannya, Crego juga menyebutkan tempat tinggalnya saat ini di Jasonville, Ind, kota asalnya di Lockport, New York, serta tempat kerjanya di Body Art Ink di Terre Haute.

Polisi New York ini rupanya juga tak memakai cara-cara biasa guna mengejar buruannya, tetapi juga memanfaatkan teknologi internet. Maka dari kantornya, polisi pun menelusuri gerak-gerik Crego di Facebook dan MySpace.

Yang menarik dari kisah penangkapan ini adalah polisi New York memergoki keberadaan Crego melalui pesan-pesan Crego yang di-posting di media jejaring sosial, seperti Facebook dan MySpace. Berkat selancar di dunia internet itu, polisi akhirnya menangkap Crego pada Rabu pekan lalu di sebuah salon tatto "Body Art Ink di kota Terre Haut.

Padahal, Crego sudah diburu polisi sejak musim gugur lalu, ketika buronan tersebut menghilang di Lockport, bagian barat New York dalam sebuah persidangan atas kasusnya.

Dia juga dinyatakan bersalah pada Agustus 2009 lalu terkait dengan sejumlah kasus yang menimpanya, di antaranya adalah menyetir saat mabuk, kepergok memiliki marijuana, serta terkait kasus penembakan burung secara ilegal.

Video soal kisah penangkapan buronan oleh polisi berkat Facebook ini juga diabadikan di Youtube oleh situs berita wivb.com, juga dipublikasikan oleh sejumlah media, seperti Terre Haute Tribune Star di Amerika Serikat.

Atas aksi-aksi Crego di dunia maya, polisi Lockport pun mengirimkan pesan terima kasih di akun Crego di Facebook, jejaring sosial yang sangat populer yang memiliki pelanggan hingga 400 juta orang di seluruh dunia itu.

"Terima kasih telah menunjukkan tempat kerja dan alamat yang baru. Tanpa bantuan itu dari kami dan teman-teman kami, penangkapan dirimu mungkin tak terjadi. Kami sangat berterima kasih juga atas foto yang bagus, tanpa bantuan kriminal seperti kamu, kerjaan kami akan lebih sulit," pesan polisi di akun Crego di Facebook.


sumber ; Vivanews.com

If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

No Response to "Gara-Gara Facebook, Buron Ditangkap Polisi"

Posting Komentar